Home

Tanam Blewah Untuk Kesehatan

Courtesy http://bimg.antaranews.com/bali//photo/2012/07/big/20120720blewah.jpg

Banyak sahabat LembahPinus.Com yang pasti sudah pernah merasakan segarnya rasa es buah blewah, utamanya pada hari-hari dibulan suci Ramadhan. Namun mungkin banyak juga diantara sahabat yang belum mengetahui khasiat pengobatan yang terkandung didalam buah yang masih tergolong dalam keluarga timun-timunan ini.

Buah Blewah memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan. Buah blewah kaya akan vitamin dan mineral yang akan sangat terasa manfatnya jika sahabat mengkonsumsinya selama menjalankan puasa. Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang sangat aman dikonsumsi oleh orang-orang penderita diabetes .

Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Kandungan betakarotennya merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Sedangkan kandungan vitamin A yang tinggi membuat buah ini baik baik perokok aktif maupun pasif.

Selain vitamin, buah blewah juga kaya akan vitamin C dan vitamin B6. Selain itu, gula alami dan enzim yang terkandung di dalamnya mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa. Sedangkan, kandungan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami, sehingga mengkonsumsi Blewah akan bermanfaat dalam mengatasi masalah asam urat, memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan membantu penderita diabetes serta obesitas.

Menanam Blewah Dalam Pot

Memilih Bibit Blewah yang baik dapat dilakukan dengan mengambilnya bijinya langsung pada buah Blewah yang berukuran besar, belah buah secara melintang lalu ambil bijinya. Jika sahabat bermaksud menyimpan biji untuk 1 tahun ke depan, sahabat dapat melakukan penjemuran biji di bawah sinar matahari 2-3 hari hingga kering dan kembali dijemur kembali kelak sebelum penanamannya. Namun jika ingin langsung ditanam, biji yang baru saja diambil dari buahnya dapat langsung digunakan sebagai bibit.

Menaman Blewah di dalam pot sangatlah mudah dilakukan, khususnya jika dilakukan pada musim panas, pada musim hujan, menanam blewah akan banyak direpotkan oleh masalah jamur. Sahabat dapat mencampurkan pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 2 : 1 sebagai media tanam blewah yang subur. Jika sahabat tidak terlalu menaruh perhatian pada isu organik, sahabat dapat menambahkan 50gram pupuk NPK 16:16:16 pada  media tanam untuk meningkatkan kesuburan media tanam. Buatlah lubang dengan jari sedalam 3 cm pada media tanam dan tanam 2 biji blewah pada masing-masing lubang. Dalam waktu 3 - 5 hari tunas blewah akan mulai muncul untuk selanjutnya akan tumbuh memenuhi pot sahabat.

Jika sahabat ingin menanam Blewah dipekarangan atau di ladang, langkah-langkah berikut dapat sahabat lakukan:

  • Cangkul lahan untuk penggemburan
  • Buat bedengan 1.5 x 6 m setinggi 30-40 cm dengan jarak bedengan 30 cm.
  • Diamkan bedengan selama 2-3 hari agar sinar matahari membunuh mikroba pathogen yang ada.
  • Lubangi lahan dengan tajuk berjarak 1x1 m untuk tempat ipenanaman benih dan pemberian pupuk
  • Masukkani pupuk kandang 0.5 kg pada setiap lubang untuk setiap tanaman
  • Tambahkan pupuk NPK, SP36, dan KCL masing-masing sebanyak 15 gram untuk pemupukan 10 hari pertama

Penanaman dan Perawatan:

  • Masukkan 3-4 biji benih pada setiap lubang
  • Lakukan penyiraman tiap hari
  • Bersihkan gulma
  • Pindahkan bibit jika pada 1 lubang tumbuh lebih dari dua tanaman
  • Berikan pupuk mikro melalui penyemprotan daun 2-3 minggu sekali
  • Semprotkan insektisida jika diperlukan untuk pengontrolan hama


Tanaman Blewah yang subur akan mengeluarkan bungan pada usia 21 hari tanam dan pentil buah pertama akan muncul pada sekitar hari ke 35. Pada saat ini penyemprotan pupuk mikro buah melalui daun dapat dilakukan 2 hari sekali. Buah blewah yang sudah matang pada usia tanam 60 - 90 hari dapat dipanen pada pagi hari sebelum jam 09.00 dengan memotong tangkai buah sejarak 2 cm dari pangkal tangkai buah
 

Additional information