Home

Yuwen Genjah Tanpa Paclobutrazol

Hari Minggu di akhir bulan November ini, LembahPinus.Com kembali 'kehilangan' 1 bibit mangga Yuwen yang telah berbuah. Kehilangan ini bukan karena dicuri, tetapi LembahPinus.Com merelakannya pergi agar dapat dirawat dengan lebih baik oleh salah seorang sahabat LembahPinus.Com yang tinggal di daerah Kalibata Jakarta Selatan.

Yes mangga Yuwen adalah mangga yang sangat genjah, bahkan sahabat tidak memerlukan paclobutrazol untuk membuahkan species mangga ini. Namun salah cara termudah untuk mendapatkan bibit yang dapat berbuah sebelum usia tanam mencapai satu tahun adalah dengan memilih bibit yang berasal dari sambung susu - approach grafting, dimana selain memiliki bibit asal okulasi, LembahPinus.Com juga memiliki bibit mangga Yuwen yang berasal dari perbanyakan vegetatif sambung susu ini.

1/2 Mati Keluarkan Warna Yuwen

Berbeda dengan warna buah aslinya di negara Taiwan, mangga Yuwen yang dibudidayakan di Indonesia cenderung sulit untuk mengeluarkan warna merah aslinya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh karena pohon mangga Yuwen cenderung untuk memasuki fase generatifnya pada bulan November - Januari dimana di Indonesia pada bulan-bulan tersebut paparan sinar matahari berlangsung dalam waktu yang relatif singkat karena datangnya musim hujan. Pada tanaman mangga Yuwen, paparan sinar matahari diperlukan untuk mengaktifkan hormon yang akan menghasilkan warna merah terang pada kulit buah.

Courtesy https://d13uygpm1enfng.cloudfront.net/article-imgs/en/2012/01/17/AJ201201170060/AJ201201170061M.jpgCara yang mungkin dapat dicoba sahabat untuk mengeluarkan warna merah pada kulit buah mangga yuwen adalah dengan mengaplikasikan grow lamp pada tanaman mangga. Grow lamp adalah lampu pengganti cahaya matahari. Namun trik ini akan menghabiskan banyak biaya karena jumlah yang diperlukan akan sangatlah banyak. Teknik memasang reflektor pada bagian bawah buah seperti yang dilakukan oleh petani mangga Miyazaki di Jepang dapat sahabat tiru untuk mengurangi jumlah lampu yang diperlukan.

Jika sahabat melihat adanya mangkuk alumunium yang dipasang oleh petani mangga Miyazaki pada gambar di samping, fungsi mangkuk alumunium itu adalah untuk memantulkan sinar matahari sehingga bagian kulit bawah dari mangga Miyazaki dapat mengeluarkan merah seperti halnya pada daerah kulipangkal buah yang terkena langsung paparan sinar matahari. Di Indonesia, untuk mengaplikasikan teknik ini, sahabat perlu memodifikasi mangkuk dengan menambahkan beberapa lubang agar mangkuk tidak menampung air hujan. Petani mangga Miyazaki juga menggantun buah di atas tanaman dengan tali untuk memastikan buah terkena paparan sinar matahari secara sempurna, tidak terhalang oleh daun-daun yang ada.

Cara paling mudah untuk mengeluarkan warna asli mangga Yuwen adalah dengan mengaplikasikan hormon ethylene pada tanaman ketika buah memasuki fase pematangan. Hormon ethylene secara umum banyak digunakan pada tanaman tomat dan pisang Cavendish. Menggunakan hormon ini, warna merah tomat dan kuning pisang cavendish akan keluar dengan sempurna dan matang secara serempak. Hormon ethylene yang diaplikasikan pada tanaman mangga akan memunculkan warna kuning sempurna pada mangga Golden Apple dan tentu akan menghasilkan warna yang lebih baik dari warna hijau mangga Yuwen di musim hujan

Pembelian Bibit Sambung Susu Mangga Yuwen

Bibit mangga Yuwen asal perbanyakan vegetatif sambung susu seharga Rp. 400.000,- dan hormon Ethylene dalam kemasan 100 ml dengan harga Rp. 48.500  dapat dipesan melalui SMS ke 081806370391 atau melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Additional information