Home

Menggugat Bibit Bawor

Suber http://4.bp.blogspot.com/-4Lgwx7_BWZg/Tc_kNmn6dvI/AAAAAAAAAAg/3oRJLORAvyY/s1600/DSCN0811.jpg

"Pada percobaan pertama, Sarno langsung mencoba mengokulasi pohon durian montong oranye dengan 20 jenis durian lokal, seperti sunan, petruk, otong, cinimang, kereng, kuningmas, oneng, bluwuk, dan kumba karna...."

Melihat penampilan bibit durian Bawor yang sekarang ini banyak beredar, membuat ingatan LembahPinus.Com kembali pada awal cerita inovasi Pak Sarno dalam merekayasa bibit durian Bawor.

Dari kutipan artikel di atas yang LembahPinus.Com ambil dari http://nasional.kompas.com/read/2008/11/19/01164010/ jelas dikatakan bahwa 20 varietas unggul durian lokal dilibatkan dalam pohon induk durian Bawor.

Jika sekarang sahabat telah memiliki bibit durian bawor, cobalah sahabat hitung jumlah akar yang dimiliki bibit durian sahabat ... kebanyakan 5 - 7 akar tambahan. Lantas apa yang dapat sahabat simpulkan jika dibandingkan dengan pohon induk durian Bawor yang memiliki 20 akar tambahan? dan kemungkinan besar bukan gabungan dari varietas sunan, petruk, otong, cinimang, kereng, kuningmas, oneng, bluwuk, dan kumba karna pula?

Coba sahabat perhatikan gambar pohon induk durian Bawor yang LembahPinus.Com  link dari situs http://durianbhinekabawor.blogspot.com/ , terlihat sosok pohon induk durian bawor yang memiliki tampilan layaknya pohon mangrove / bakau dengan 20 akar tambahan kokoh menghujam ke tanah.

 

sumber http://3.bp.blogspot.com/-PMhqjsUEKdw/Tc_kr5VXg4I/AAAAAAAAAA0/5u72RBszSpA/s1600/DSCN0958.jpg

Kini, setiap bulan Sarno tinggal menunggu pembeli dari Banyumas maupun Jakarta untuk mengambil durian dari pohon hasil ”ciptaannya”. Harganya per kilogram sekitar Rp 17.000, sedangkan bobot per buah 6-12 kilogram

Masih dari link http://nasional.kompas.com/read/2008/11/19/01164010/, pohon durian Bawor juga tidak selalu menghasilkan buah berukuran 6 - 12 kilogram. Jika sahabat lihat gambar di samping yang merupakan link dari situs http://durianbhinekabawor.blogspot.com/ yang mengatakan bahwa berat durian bawor berukuran sedang berkisar 4 - 5 kilogram, ternyata informasi ini juga bertentangan dengan kisaran angka 6 - 12 kilogram dari potongan artikel di atas. Berat durian 4 - 5 kilogram adalah berat durian monthong biasa yang dapat dioperoleh tanpa memerlukan akar ganda. Dan jika dikatakan berat 4 - 5 kilogram adalah berat buah durian Bawor yang berukuran sedang, maka layaklah jika LembahPinus.Com berfikir tentu ada buah durian bawor berukuran kecil yang beratnya kurang dari 4 kilogram ....

So What?

Satu alasan mengapa bibit durian Bawor tidak dijual dengan 20 akar tambahan adalah bahwa menangani bibit durian dengan 20 akar tambahan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Jika sahabat memperhatikan

jika sahabat lihat gambar di samping yang merupakan link dari salah satu situs di Internet, yang menggambarkan bibit durian Bawor dengan 9 (sembilan) jumlah akar tambahan akan memiliki ukuran polybag yg cukup besar untuk memutuskan sambungan okulasinya ketika sahabat mengangkat bibit pada batang tanaman. Sahabat tentu dapat membayangkan seperti apa jadinya jika bibit durian Bawor dijual dengan 20 akar tambahan.

Melihat kondisi seperti ini, apa yang sahabat dapat lakukan adalah menanam 20 biji durian unggul disekitar tanaman. Kelak ke 20 biji durian itu akan tumbuh dan siap dilakukan teknik penyambungan ke pohon Induk "Bawor" yang sahabat dapatkan sebelumnya.

Menyadari bahwa tidak mudah mendapatkan biji durian sunan, petruk, otong, cinimang, kereng, kuningmas, oneng, bluwuk, kumba karna, dan durian lokal unggul lainnya, maka menyarankan sahabat untuk menanam 20 biji durian chanee dan monthong disekitar pohon Induk.

Yes sahabat mungkin tidak akan memperoleh panen buah durian Bawor persis seperti yang dihasilkan oleh pohon indukan Bawor, tapi sahabat dapat memperoleh buah durian Bawor versi kebun sahabat sendiri dalam 4 tahun ke depan.

Call a Friend

Menambahkan akar tambahan pada bibit durian bukanlah hal mudah yang dapat dilakukan oleh kebnanyakan orang. Sahabat dapat menghubungi LembahPinus.Com untuk bantuan menambahkan 20 akar tambahan pada bibit durian Bawor sahabat atau bahkan pada durian Kanjo, Musang King, dan bibit durian lainnya yang sahabat miliki.

Additional information