White Sapote

 White sapote (Casimiroa edulis) adalah buah tropikal yang termasuk dalam keluarga Rutaceae. Tumbuhan White sapote dipercaya berasal dari Mexico dan sekitar Amerika Tengah.

Tanaman White Sapote termasuk tanaman yang produktif yang akan mulai berbuah pada usia 1 sampai 2 tahun setelah tanam, buah white Sapote berukuran 5 - 10 Cm memiliki kulit tipis berwarna hijau yang akan berubah menjadi kuning saat matang.

Daging buah White Sapote bertekstur sangat lembutyang akan terasa seperti Ice-cream beraroma vanila manis setelah didinginkan di dalam lemari pendingin / refigerator, dan merupakan minuman menyegarkan jika dicampurkan ke dalam milkshake.

Buah White Sapote selama ini dikenal memiliki efek soporific, yaitu efek yang dapat membuat orang mengantuk, hal inilah yang membuat banyak orang menjuluki buah ini sebahai "sleepy Sapote".  Konsentrasi zat aktif n-methylhistamine, n-dimethylhistamine, zapotin dan histamine dapat ditemukan di dalam biji buah tanaman ini. White Sapote mengkin adalah jawaban bagi anda yang seharian sibuk bekerja keras dan ingin tertidur nyenyak setelah menikmati secangkir ice-cream atau milkshake White Sapote.

 Menanam White Sapote

Buatlah lubang setidaknya berukuran dua kali ukuran bola akar (atau 2X ukuran polybag/pot) bibit White Sapote atau minimum lubang berdiameter 40 Cm dengan kedalaman 40 Cm. Buat campuran sempurna kompos pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 30 : 70 yang akan digunakan sebagai dasar dan untuk mengisi rongga disekitar bola akar bibit White Sapote.

Frekuensi Penyiraman White Sapote

Meskipun tanaman White Sapote memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap kondisi kekurangan air, tetapi penyiraman yang teratur 1 - 2 hari 1X sangatlah disarankan untuk melindungi investasi yang berharga ini.

Air dapat diberikan melalui penyemprotan dengan selang atau melalui saluran irigasi jika tersedia.

Pemupukkan Tanaman White Sapote

Tanaman White Sapote sangat sensitif pada kandungan garam dari tanah, untuk inilah menghindari penggunaan pupuk kimia adalah cara teraman dalam pemupukkan pada daerah dengan air berkadar garam. Kompos pupuk kandang dan emulsi minyak ikan adalah nutrisi terbaik yang dapat diberikan pada tanaman ini. Pastikan juga agar tanaman gulma tidak ada disekitar zona perakaran White Sapote.

Pembelian Bibit White Sapote

 Jika anda tergoda dan ingin segera memetik dan merasakan lembutnya daging buah tanaman langka White Sapote, mungkin 1 pohon bibit White Sapote koleksi khusus setinggi 3 Meter menunggu waktu berbuah dengan harga Rp. 900.000,- (SOLD OUT) dapat memenuhi keinginan Anda.

Tanam saja koleksi langka White Sapote ini langsung di tanah dan bersiaplah tidur ala "Sleeping Beauty"

Silahkan melakukan pemesanan melalui This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau SMS ke 0818 0637 0391

 

Additional information