Furadan 3GR

 Suatu kali LembahPinus.Com pernah mendengar percakapan menarik antara seorang sales dengan kliennya di suatu toko penjual tanaman terkenal yang berisi permintaan klien untuk satu produk pembasmi koloni semut yang menyerang tanaman kesayangan klien tersebut. Hal yang cukup mengejutkan dari percakapan itu ialah adanya saran dari sales untuk menggunakan produk Furadan 3GR sebagai pembasmi koloni semut.

Jika kita membaca kemasan Furadan 3GR memang kita dapat menemui tulisan Insektisida/Nematisida, namun hal yang mungkin luput dari perhatian kita adalah bahwa sesungguhnya Furadan 3GR adalah Insektisida/Nematisida sistemik dengan bahan aktif karbofuran. Sebagai insektisida sistemik, zat aktif Furadan 3GR akan ditranslokasikan melalui jaringan tanaman atau diserap oleh tanaman setelah terlarut dalam air tanpa membunuh tanaman itu sendiri. Ketika hama memakan jaringan atau bagian tanaman tersebut, racun bahan aktif yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan membunuh hama yang dapat berupa serangga atau cacing tersebut.

Furadan 3GR ditujukan untuk membunuh serangga dalam bentuk larva seperti penggerek daun, lalat daun, wereng hijau, ganjur, lundi/uret, nematoda bintil akar, perusak daun, ulat grayak, dan penggerek pucuk. Dosis pemakaian Furadan 3GR berkisar untuk kebanyakan larva adalah diantara 5 - 10 gr/m2, tetapi untuk larva yang lebih besar seperti larva penggerek batang diperlukan dosis sampai 100gr/tanaman yang diberikan di sekitar perakaran tanaman.

Semut bukanlah serangga yang mengkonsumsi jaringan tanaman seperti halnya larva serangga yang mengkonsumsi daun maupun nematoda bintil akar yang mengkonsumsi perakaran tanaman, jadi jelaslah bahwa Furadan 3GR tidak akan efektif untuk membasmi koloni semut. Peran Furadan 3GR dalam mengatasi serangan koloni semut disekitar perakaran adalah dengan memutus ketersediaan pakan yang berasal dari serangga seperti kutu putih, racun sistemik dari Furadan 3GR akan membunuh kutu putih sehingga mengganggu ketersediaan pakan alami dari semut. Hal penting yang perlu diketahui adalah pakan alami semut bukan saja hanya dari madu yang disediakan oleh kutu putih.

Pembelian Furadan 3GR

 Insektisida Furadan 3GR kemasan 1 Kg seharga hargai Rp. 18.000,-  dapat diperoleh melalui pemesanan ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau SMS ke 0818 0637 0391

 

 

 

Additional information