Cocopeat

 

 Cocopeat adalah serbuk sabut buah kelapa dengan tekstur seragam yang dipisahkan dari serat buah kelapa. Untuk dapat digunakan sebagai media tanam yang baik, cocopeat perlu melalui proses dekomposisi untuk menetralkan pH dan juga melalui proses pencucian dengan air tawar untuk menurunkan kadar garam yang terkandung di dalamnya.

Cocopeat merupakan media tanam bersifat organik yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk media tanam tabulampot. Cocopeat sebagai media tanam dapat bertahan sampai 10 tahun sebelum terurai dan mampu menyerap dan menyimpan air serta pupuk. Cocopeat juga bersifat lentur dan gembur, sifat ini memudahkan oksigen dan sinar matahari masuk ke dalam tanah sehingga akar-akar tanaman dapat lebih aktif dan produktif. Sebagai media tanam, cocopeat dapat digunakan dalam kisaran 10-100%. Keuntungan yang dapat diperoleh adalah tanaman akan tumbuh maksimal dan sehat serta penggunaan pupuk dan pengairan akan lebih efisien karena cocopeat mampu menyimpan air dan pupuk 10 kali lipat melampaui kemampuan tanah .

Keunggulan Cocopeat Sebagai media tanam:

  • Daya serap air tinggi sehingga hemat air dan nutrisi / pupuk tidak terbuang
  • Menggemburkan tanah dengan pH netral dan ramah lingkungan (> 10tahun)
  • Kadar garam rendah, serta bebas bakteri dan jamur yang merugikan
  • Mampu mengikat bau-bauan disekitarnya (terutama dikandang peternakan)
  • Menunjang pertumbuhan akar dengan cepat sehingga baik untuk pembibitan
  • Dianjurkan digunakan pada budi daya tanaman hydroponik dan anthurium 

Melihat keunggulan ini, maka cocopeat dapat dijadikan campuran untuk meningkatkan kesuburan tanah secara menakjubkan, unsur hara tidak tersedia di dalam cocopeat dapat diberikan melalui pemupukkan. Cocopeat sangat cocok digunakan dalam pembibitan tanaman perkebunan, pertanian bahkan untuk tanaman anthurium. Kelebihan sekam dan serbuk gergaji yang meningkatkan sirkulasi udara dan sinar matahari juga ada pada cocopeat, tapi kelemahanan sekam dan serbuk gergaji bersifat panas dan hanya mampu bertahan selama 6 bulan dapat dikalahkan oleh cocopeat yang memiliki sifat netral dan bertahan lama.

Dalam usaha tanaman hias, sayur dan kultur jaringan penggunakan cocopeat mampu meningkatkkan produksi bibit. Dengan media cocopeat, perakaran bibit akan tumbuh lebih lebat sehingga bibit akan menjadi lebih kuat.

Cocopeat sebagai media pengganti tanah akan menyehatkan tanaman. Sifat cocopeat yang menyimpan air dan banyak pori kaya udara akan menjadikan pertumbuhan bibit pada taraf germinasi berjalan dengan sangat baik. Media tanam yang selalu gembur akan menyebabkan akar baru tumbuh dengan cepat dan lebat yang akan berakibat bibit tidak rentan pada saat pemindahan ke lokasi alam terbuka.

Hal yang mungkin perlu diingat dalam menjadikan cocopeat sebagai media tanam yang baik adalah melakukan pencucian pada cocopeat karena cocopeat segar umumnya cenderung memiliki nilai pH dan kadar garam yang cukup tinggi.

Pembelian Cocopeat

 Cocopeat dengan harga Rp. 15.000,- / karung dapat diperoleh melalui pemesanan ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau SMS ke 0818 0637 0391

 

 

 

 

Sumber:

 

 

Additional information