LP - Stick

 

Pemberian pupuk dan pestisida pada koleksi tanaman melalui cara penyemprotan adalah metode pemupukan yang sangat disukai oleh  LembahPinus.Com. Pengaplikasian pemupukan dan pemberian pestisida melalui penyemprotan tidak saja sangat menghemat biaya pembelian pupuk tetapi juga banyak menghemat waktu, utamanya jika koleksi tanaman sudah mencapai ratusan pohon.

Namun walaupun cara pemupukan dan pemberian pestisida melalui penyemprotan bukanlah metoda yang bebas masalah. Sering kita menjumpai lapisan lilin dan bulu pada permukaan daun beberapa jenis tanaman seperti pisang dan kiwi yang membuat penyemprotan tidak efektif. Selain itu, hujan juga menimbulkan permasalahan tersendiri.

Idealnya fungsi pemupukan dan pemberian pupuk melalui penyemprotan akan sempurna jika butir-butir larutan tersebar merata pada permukaan daun dan batang tanaman, tetapi lapisan lilin dan bulu pada permukaan daun akan mencegah penutupan permukaan bidang kontak oleh pupuk dan pestisida secara merata. Kebalikannya, lapisan lilin pada daun akan menyebabkan cairan pupuk dan pestisida menyatu menjadi butir-butir yang lebih besar dan jatuh ke tanah sedang lapisan bulu halus akan menghalangi pupuk dan pestisida untuk sampai ke permukaan daun. Hujan yang datang setelah penyemprotan juga akan membersihkan pupuk dan pestisida dari tanaman.

Lapisan lilin dan bulu halus bukanlah hanya dapat ditemui pada daun tanaman, beberapa serangga pengganggu tanaman juga memiliki lapisan lilin dan bulu yang sulit ditembus oleh pestisida kebanyakan. Kutu putih dan lalat putih adalah contoh serangga pengganggu tanaman yang memiliki lapisan lilin yang sulit ditembus cairan insektisida.

Untuk lebih meningkatkan efektifitas pemberian pupuk dan pestisida melalui penyemprotan, kita memerlukan tambahan bahan perata dan perekat pupuk dan pestisida pada larutan. Bahan perata dan perekat pestisida dibuat untuk lebih meningkatkan daya guna pemberian pupuk dan pestisida yang diberikan melalui teknik penyemprotan. Bahan perata dan perekat pupuk dan pestisida bukanlah pupuk ataupun racun serangga, melainkan senyawa yang mampu menghilangkan 'tegangan permukaan' . Tegangan permukaan adalah gaya yang bekerja pada permukaan zat cair ketika suatu benda (lapisan lilin dan bulu) menyentuh permukaan zat cair. Jika sahabat LembahPinus.Com pernah melihat sejenis serangga yang dapat berjalan pada permukaan air, ini adalah suatu contoh bagaimana tegangan permukaan bekerja. Hilangnya tegangan permukaan pada butir-butir larutan akan membuat larutan pupuk dan pestisida menyebar merata pada permukaan daun dan batang tanaman juga membuat pestisida menembus lapisan lilin serangga pengganggu. Selain itu bahan perekat akan mencegah residu pupuk dan pestisida terbilas oleh air hujan.

Insektisida Kontak dan Racun Lambung

Pada beberapa janis hama pengganggu seperti kutu sisik dan kutu perisai memiliki lapisan perisai dipunggungnya yang tidak dapat ditembus oleh insektisida kontak. Untuk inilah penggunaan insektisida kontak dan racun lambung akan sangat ideal jika dikombinasikan dengan penambahan bahan perekat dan perata pestisida. Bahan perekat dan perata pestisida akan membuat insektisida menempel merata pada permukaan daun dan batang lebih lama sehingga akan menyentuh bagian perut serangga yang tidak terlindungi perisai ketika serangga bergerak untuk mencari makan dan kawin serta ikut temakan ketika serangga menghisap cairan tanaman.

Perekat Pestisida LP-Stick

Salah satu cairan perekat pestisida yang dipasarkan oleh LembahPinus.Com adalah LP-Stick. LP-Stick tidak saja dapat bekerja pada pada daun yang mengandung lapisan lilin seperti daun pisang dan daun talas yang selama ini dikenal sulit diaplikasikan oleh penyemprotan pupuk dan cairan pestisida tetapi LP-Stick dapat juga dihunakan untuk meratakan dan merekatkan pupuk serta pestisida pada daun berbulu yang sangat sulit jika diaplikasikan melalui penyemprotan sehingga pemupukan dan pemberantasan hama dapat berhasil dengan baik

Aturan Pakai

0,5 - 1 cc Dekastick untuk campuran 1 liter air + pestisida

Pembelian LP-Stick

LP Stick kemasan 1 liter seharga Rp. 30.000,- dapat diperoleh melaui pemesanan SMS ke 0818 0637 0391 atau melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Additional information